HEADER HP

Gagal Ginjal Anak Melonjak, Ini Pengganti Paracetamol yang Diklaim Aman? Orang Tua Perlu WASPADA

Gagal Ginjal Anak Melonjak, Ini Pengganti Paracetamol yang Diklaim Aman? Orang Tua Perlu WASPADA

Ilustrasi Gagal Ginjal-Pixabay-

HYPEVERSE.SINERGIANEWS.com – Dalam kurun waktu dua bulan terakhir terlihat peningkatan kasus gagal ginjal akut pada anak usia 6 bulan hingga 18 tahun.

Hingga 18 Oktober 2022 tercatat sebanyak 189 kasus, mengutip informasi dari situs Kemkes.go.id, dari data tersebut, kelompok usia 1-5 tahun mendominasi dalam banyak kasus.


Dengan adanya peningkatan ini, Kemenkes mengimbau para orang tua untuk tidak panik, tetap tenang dan tetap waspada.

Jika mengalami gejala yang mengarah pada gagal ginjal akut, seperti jumlah urine/buang air kecil berkurang, dan tidak dapat buang air kecil dengan sempurna, disertai diare, mual, muntah hingga demam selama 3-5 hari, maka Anda perlu memeriksakan buah hati Anda dengan cepat.

Spesialis penyakit dalam Dr Andi Khoemini Takdir Haruni, Sp.PD mengimbau masyarakat untuk menghindari obat-obatan asetaminofen berbahan EG (ethylene glycol) atau DEG (diethylene glycol).



Baca juga: Nonton Donghua The Swallowed Star Season 2 Episode 32 SUB Indo: Makin Seru Bikin Penasaran, Update Terbaru Disini

Baca juga: Berdayakan Ratusan Petani, Initial Coffee Roaster Bawa Biji Kopi Lokal Pasar Nasional

Baca juga: UPDATE Kronologi Demo Viral SMAN 1 Turen Malang Tuntut Pengunduran Diri Kepsek Diklaim Arogan dan Tak Manusiawi?

Informasi tersebut diberikan melalui cuitan di akun Twitter-nya @dr_koko28 pada Selasa 18 Oktober 2022.

"Untuk sementara waktu teman2 mohon hindari pemakaian obat sirup parasetamol. Apalagi yang mengandung etilon-glikol dan atau di-etilen-glikol. Ditengarai sebagai satu dari beberapa penyebab terjadinya gangguan fungsi ginjal akut pada anak-anak. Note : Oktober-2022," tulis Andi dalam twitnya.

Ia juga menjelaskan bahwa bahan tersebut yang kini menjadi sorotan menyusul kasus gagal ginjal yang serupa dan terjadi pada anak di Gambia setelah mengonsumsi obat-obatan yang terkontaminasi EG dan DEG.

Hingga Selasa 18 Oktober 2022, cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak 6.400 kali dan disukai lebih dari 15.000 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Apakah bisa berganti mengunakan obat paracetamol sirup ke puyer?

Baca juga: Kronologi Demo Viral SMAN 1 Turen Malang Tuntut Pengunduran Diri Kepsek Diklaim Arogan dan Tak Manusiawi?

Meski demikian, Andy mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap memperhatikan komposisi label parasetamol.

"Teman-teman jangan panik. Baca label. Kenali isi. Penting untuk tahu dari mana asal obat tersebut," ujar Andy dilansir Sinergianews.com dari Kompas.com, pada Selasa 18 Oktober 2022.

Ia juga menawarkan bentuk paracetamol alternatif yang dapat dikonsumsi anak-anak yaitu bentukpuyer.

"Jika tidak bisa dengan obat sirup, opsinya balik ke puyer,"tambahnya.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU