HEADER HP

Akibat Ujaran Kebencian Terhadap Kaum Yahudi, Kanye West Buat Kerugian Adidas hingga 250 Juta Euro

Akibat Ujaran Kebencian Terhadap Kaum Yahudi, Kanye West Buat Kerugian Adidas hingga 250 Juta Euro

Kanye West-@IGIHE/twitter-

Belum banyak yang mengetahui Antisemitisme adalah bentuk diskriminasi atau kekerasan berdasarkan agama, etnik, atau kelompok ras. Contoh sikap anisemit yakni membenci orang Yahudi. 

Hal paling ekstream yang terjadi pada antisemitisme ialah dilakukan oleh para Nazi Jerman yang saat itu melakukan pembantaian terhadap kaum Yahudi Eropa pada tahun 1933-1945 yang disebut Holocaust. 


Antisemitisme sebenarnya sudah ada sejak abad pertengahan dengan adanya prasangka buruk terhadap kaum Yahudi yang didasari atas kepercayaan serta pemikiran orang kristen. 

Mitos kemudian muncul dengan menyebutkan bahwa orang yahudi lah yang bertanggungjawab atas kematian Yesus Kristus. Prasangka ini kemudian berlanjut hingga ke era Eropa modern awal. 

Para pemimpin besar salah satunya Nazi Jerman menganggap bahwa orang yahudi ini merupakan orang luar dan bukan orang asli eropa. Hal ini membuat orang Yahudi mendapatkan diskriminasi baik dari aspek ekonomi, sosial dan politik. 



Nazi kemudian keliru dalam menuduh Yahudi hingga terjadi permasalahan ekonomi, sosial dan poltik di Jerman hingga Jerman kalah pada Perang Dunia 1. Setelah itu, Jerman memimpin dan Nazi mulai melakukan penganiayaan terhadap kaum yahudi. 

Istilah antisemitisme sendiri ada ketika seorang jurnalis Jerman bernama Wilhelm Marr mempopulerkan hal tersebut. Semit merupakan istilah yang mengacu pada kelompok etnis penutur bahasa Semitic sehingga Shem berasal nama salah satu putra Nabi Nuh. 

Antisemitisme kemudian dilakukan dengan adanya kerusuhan yang terjadi pada kekerasan yang dilancarkan terhadap yahudi. Pada saat itu Yahudi dianggap sebagai orang-orang yang dipandang sebagai wafatnya Kristus.***

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU